Produk Kopi Robusta

TUGU SARI PAJAHAN

Kecamatan. Pupuan, Kababupaten. Tabanan, Bali




Desa Pajahan secara administratif berada di wilayah Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan, secara geografis Kecamatan Pupuan berada diwilayah pegunungan dengan ketinggian wilayah berada ± 500-800 meter diatas permukaan laut. Tanaman kopi merupakan salah satu tanaman yang cocok hidup diwilayah dengan kondisi geografis tersebut. Kopi merupakan tanaman pertanian yang sudah ada sejak pemerintahan Hindia Belanda di wilayah Kecamatan Pupuan. Dimana untuk wilayah Kecamatan Pupuan jenis kopi yang banyak ditanam dan dikembangkan adalah dari jenis kopi Robusta. Sehingga wilayah Kecamatan Pupuan merupakan salah satu sentra perkebunan kopi Robusta di wilayah Provinsi Bali. Tanaman kopi berbuah sekali dalam satu tahun, sehingga musim panen kopi hanya sekali dalam setahun. Musim panen kopi berlangsung dari bulan juni sampai bulan September. Sehingga pada bulan panen hasil kopi yang dihasilkan sangatlah melimpah. Kapasitas produksi kopi robusta untuk wilayah Kecamatan Pupuan mencapai ribuan ton setiap tahunnya. Desa Pajahan merupakan salah satu desa penghasil kopi robusta di wilayah Kecamatan Pupuan dimana sebagaian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dengan tanaman utamanya yaitu kopi robusta. Kopi Robusta merupakan salah satu komiditi unggulan masyarakat desa Pajahan, tanaman ini banyak ditanam dan dibudidayakan diseluruh areal pertanian didesa pajahan. Hasil produksi tanaman kopi robusta yang ada di masyarakat desa Pajahan sangat banyak dan melimpah pada saat musim panen. Selama ini kopi yang dibanyak di hasilkan oleh masyarakat Desa Pajahan berupa kopi bijian saja. Hasil panen kopi bijian tersebut sebagian besar biasanya langsung dijual kepada pengepul atau saudagar kopi. dan sebagian kecilnya lagi disimpan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk usaha pengolahan kopi bijian menjadi kopi bubuk di dalam masyarakat desa pajahan memang sudah ada beberapa warga yang menjalankan. Hasil pengolahan tersebut kapasitasnya masih kecil hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat internal saja dan tidak ada pengembangan produksi pengolahan kopi bubuk yang lebih besar lagi. Dengan kondisi tersebut, seperti adanya bahan baku yang melimpah dan belum adanya pengolahan kopi bubuk dengan sekala besar pada masyarakat desa Pajahan. Maka kiranya diperlukan suatu usaha pengolahan kopi bubuk yang kapasitasnya lebih besar, lebih modern guna pemenuhan kebutuhan kopi bubuk untuk masyarakat Desa Pajahan khususnya dan masyarakat Kecamatan Pupuan umumnya. 

KOPI BUBUK

Produk Kopi Robusta




Kemasan 50 gr dalam bentuk rentengan
Kopi bubuk murni 100% tanpa campuran
Kopi bubuk dibuat dari biji kopi robusta pilihan kualitas 1
Expired date 1 tahun


Rp. 2.500,-

Kemasan 100 gr
Kopi bubuk murni 100% tanpa campuran
Kopi bubuk dibuat dari biji kopi robusta pilihan kualitas 1
Expired date 1 tahun


Rp. 5.000,-

Kemasan 200 gr
Kopi bubuk murni 100% tanpa campuran
Kopi bubuk dibuat dari biji kopi robusta pilihan kualitas 1
Expired date 1 tahun


Rp. 10.000,-

Kemasan 250 gr
Kopi bubuk murni 100% tanpa campuran
Kopi bubuk dibuat dari biji kopi robusta pilihan kualitas 1
Expired date 1 tahun


Rp. 12.500,-

Kemasan 500 gr
Kopi bubuk murni 100% tanpa campuran
Kopi bubuk dibuat dari biji kopi robusta pilihan kualitas 1
Expired date 1 tahun


Rp. 25.000,-

Kemasan 600 gr
Kopi bubuk murni 100% tanpa campuran
Kopi bubuk dibuat dari biji kopi robusta pilihan kualitas 1
Expired date 1 tahun


Rp. 30.000,-

PROSES PENGOLAHAN

Produk Kopi Robusta






• Kopi bijian yang dihasilkan petani dipilih/disortasi, biji kopi diayak untuk menghasilkan biji kopi yang memiliki ukuran yang sama, selanjutnya biji kopi dipilih kembali dengan memisahkan biji kopi yang berwarna hitam, pecah, mengkerut dan yang menggabus, sehingga didalam proses pemilihan/sortasi didapatkan biji kopi dengan kualitas yang terbaik. 
• Selanjutnya biji kopi hasil pemilihan/sortasi tersebut dicuci untuk menghilangkan kotoran-kotoran atau debu yang menempel pada biji kopi, sampai bersih dan biji kopi berwarna keputihan. 
• Setelah biji kopi benar-benar bersih kemudian dijemur menggunakan para-para sampai kering dengan kadar air maksimal 12%, selanjutnya biji kopi yang kering tersebut dimasukkan kedalam mesin sangrai. Biji kopi disanggrai sampai dengan suhu 200 – 2050C. 
• Biji kopi yang sudah matang diturunkan dari mesin sangrai kemudian didinginkan menggunakan kipas angin, sampai kopi biji tersebut benar-benar dingin. 
• Setelah biji kopi dingin tahap selanjutnya biji kopi ditepung menggunakan mesin penepung/diskmill dengan tingkat buliran tepung yang paling kecil. 
• Setelah selesai ditepung bubuk kopi didinginkan sebentar, setelah dingin baru dikemas sesuai dengan ukuran/berat kopi yang dibutuhkan. 
• Tahap akhir pengolahan ini adalah pemasaran, pemasaran dilakukan melalui dua tahap yaitu dijual langsung ke konsumen melalui toko/warung/minimarket yang telah menjadi mitra usaha dan melalui orang sebagai reseller yang menjual ke pelanggan yang dimilikinya. 

CARA PEMESANAN

Produk Kopi Robusta




1. Pemasaran langsung 
Dalam hal ini kopi bubuk robusta tugu sari pajahan dipasarkan melalui kerjasama dengan outlet seperti warung, toko dan mini market yang ada di wilayah provinsi bali. Kegiatan pemasaran ini dilakukan oleh tim marketing yang dimiliki oleh Bumdes. Tim marketing inilah yang bertugas menjalin kerjasama dengan outlet yang ada dalam hal ketersediaan barang di outlet, penyelesaian pembayaran dan promosi-promosi yang akan dilakukan oleh tim marketing tersebut. Secara konsinyasi maupun penjualan putus. Dalam hal pemberian harga diberikan harga reseller atau sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan oleh tim marketing. Disamping itu kami juga melakukan penjualan langsung ke konsumen pengguna. Dimana konsumen tersebut bisa membeli produk di tempat pengolahan atau dikantor bumdes tugu sari pajahan. Dengan harga jual harga konsumen akhir. 

2. Pemasaran melalui reseller 
Pemasaran ini melalui orang yang memiliki jaringan pemasaran. Dalam hal ini bumdes tugu sari pajahan mengangkat beberapa reseller yang ada di beberapa wilayah di provinsi bali. cara marketing yang dilakukan bebas sesuai dengan kemampuan dan kondisi pemasaran yang dimiliki. Bumdes hanya bertugas menyuplai produk, sedangkan pendapatan penjualan diselesaikan pada reseller. Untuk harga reseller diberikan harga yang lebih murah dari harga normal guna sebagai keuntungan tambahan reseller. 

 




Disamping tersebut diatas kami juga menerima pesanan produk keseluruh wilayah provinsi bali dan wilayah Indonesia, 
dimana pemesanan tersebut dapat dilakukan dengan sbb : 


BUMDES TUGU SARI PAJAHAN 
Alamat : Desa Pajahan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan 
Telpn : 081337350404, 085792096533, 081916495449 
Facebook : Bumdes Tugu Sari Pajahan 
Email : bumdestugusaripajahan@yahoo.com

Untuk pemesanan produk dengan ketentuan sebagai berikut : 

Minimun pemesanan sebesar 2 kg untuk yang dikirim ke alamat dan 4 kg untuk yang diantar ke alamat pemesan
Apabila pesanan dari luar daerah provinsi bali akan dikenakan biaya pengiriman dan pengiriman menggunakan jasa pengiriman Tiki, JNE dan Pos.
Pembayaran bisa dibayar ditempat atau ditranfer melalui rekening a/n Bumdes Tugu Sari Pajahan no Rekening : 047.02.05.00827-1, Bank Pembangunan Daerah Bali Capem Pupuan. 
Kami menerima pesanan untuk oleh-oleh pertemuan, upacara pernikahan, khitanan dll, dengan kemasan atau ukuran berat sesuai pesanan.