Pengolahan Sampah

DESA PAJAHAN

Kecamatan. Pupuan, Kababupaten. Tabanan, Bali




Sampah merupakan permasalahan yang sangat krusial dalam dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan perkembangan jaman tingkat sampah dan jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat sangat lah tinggi dan kompleks. Pola hidup masyarakat yang sudah meningkat dan tingkat kesibukan yang mulai tinggi kepedulian terhadap sampah justru mengalami penurunan. Dimana masyarakat tidak mau memperlakukan sampah dengan baik dan benar. Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat banyak dibuang sembarangan, dengan memanfaatkan lahan lahan kosong yang tidak bertuan seperti tebing-tebing lahan perkebunan, sungai-sungai kecil dan memanfaatkan lahan yang ada dibelakang rumah/pekarangan. Dengan volume yang sangat banyak sampah-sampah tersebut meluber dan mencemari lingkungan disekitarnya. Di desa pajahan banyak terdapat tempat pembuangan sampah bayangan, dimana masyarakat dengan bebasnya membuang sampah yang dihasilkan, sehingga secara keseluruhan wilayah desa pajahan tercemari oleh sampah tersebut. Dengan adanya hal tersebut maka Bumdes di tunjuk untuk menangani permasalahan tersebut. Sehingga ditetapkan sebagai salah satu unit usaha kegiatan Bumdes. Pada kegiatan ini bumdes berproses dengan mengambil sampah-sampah yang dihasilkan oleh masing-masing rumah tangga yang ada diwilayah desa pajahan dan membuang sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir yang sudah ditetapkan. Bumdes melakukan pemungutan iuran ke warga sebagai balas jasa terhadap pemungutan sampah yang dilakukan. Sampah yang dipungut tersebut di tempat pembuangan sampah akhir, dipilah kembali, yang mana bisa dijual kembali dan yang mana harus dibuang. Sehingga pada kegiatan ini pembuangan sampah terkonsentrasi pada satu tempat pembuangan akhir dan tempat pembuangan sampah bayangan tidak ada lagi. Dengan terkonsentrasi nya pembuangan sampah di satu tempat nantinya penanganan dan pengolahan sampah lebih mudah dilaksanakan.

PROSES PENGOLAHAN

Sampah





i. Sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya dimasukkan kedalam bak sampah yang telah disediakan oleh petugas kebersihan. Tempat/bak sampah ditempatkan dipintu masuk halaman rumah. Guna memudahkan pengambilan sampah oleh petugas. 
ii. Sampah rumah tangga tersebut harus sudah ada di tempat/bak sampah paling lambat jam 13.00 karena jam kerja pemungutan sampah dilakukan dari pukul 13.00-17.00. 
iii. Sampah rumah tangga yang telah terkumpul/diletakkan di bak/tempat sampah selanjutnya akan diangkut oleh petugas dan di bawa ke tempat pengolahan sampah. Ditempat pengolahan ini sampah-sampah tersebut akan dipilah organik dan anorganik. Yang bisa di daur ulang atau dijual langsung ke pabrik pengolahan sampah plastic/besi. 
iv. Setelah proses pemilahan selesai, sampah-sampah yang benar-benar tidak bisa diolah baru dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir 
v. Sampah yang bisa djual tersebut, dikumpulkan di gudang penyimpanan dan akan dijual setiap bulannya. Dari penjualan sampah tersebut diharapakan bisa menambah pendapatan usaha pengelolaan sampah ini.